Ad Code

Pasar Senen Kebakaran Ini kata Ahok dan Anis Baswedan

Anis Baswedan akui prihatin atas Musibah ini. Ahok Larang Pedagang Tumpuk Barang di Kios.

Gubernur non-aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan bahwa salah satu penyebab kebakaran Pasar Senen sulit dipadamkan adalah pedagang yang mengubah bangunan tersebut seolah menjadi gudang.

"Jadi konsep pasar memang saya sudah sampaikan tidak boleh orang menumpuk (barang di) toko itu untuk gudang karena konsep pasar itu sebenarnya untuk dagang," kata pria yang akrab disapa Ahok itu, di Hotel Santika Gajah Mada, Jakarta Barat, Kamis (19/1/2017).

Dia mengatakan, pedagang tidak boleh menumpuk barang terlalu banyak di kiosnya. Ahok mengaku sudah mengontak Direktur Utama PD Pasar Jaya dan Pembangunan Jaya terkait kebakaran Pasar Senen yang terjadi Senin ini.

Hanya saja, Ahok tak bisa memberi instruksi apa-apa. Sebab, ia tengah cuti untuk mengikuti kampanye.
"Karena itu (penumpukan barang), kami setengah mati memadamkannya. Itu yang kami khawatir api nyamber ke Blok 3, blok barunya PD Pasar Jaya," kata Ahok.

Selain itu, lanjut dia, pedagang tidak boleh memiliki 5-10 kios. Terlebih jika beberapa kios tersebut dipergunakan untuk gudang.
Sebab, menurut dia, berbahaya apabila bahan yang mudah terbakar disimpan seolah dalam gudang. "Ini yang bahaya. Kami harus adil," kata Ahok.

Kebakaran yang terjadi sejak pukul 04.30 WIB itu diduga karena korsleting di lantai satu Blok III. Api kemudian merambat hingga ke lantai tiga.

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan mengaku prihatin atas peristiwa kebakaran di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Keprihatinan dari Cagub dari Partai Gerindra dan PKS diungkapkan karena kebakaran yang terjadi sejak tadi pagi itu merugikan ekonomi para pedagang.
"Jadi kita semua sedih dan prihatin dengan situasi para pedagang di Pasar Senen," katanya di Bendungan Jago, Kemayoran Jakarta Pusat. Kamis (19/1/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini meminta agar para korban diharapkan bersabar menghadapinya, semoga ke depannya dimudahkan untuk bangkit kembali

"Untuk para pedagang, tabahlah. Insya Allah, kalian akan bangkit kembali, usaha akan maju kembali," ucapnya.

Anies juga meminta kepada Pemprov agar memberikan penanangan sesegara mungkin serta memperbaiki fasilitas untuk menghindari musibah tersebut.

Selain itu, Anies meminta penegak hukum untuk segera menyelidiki penyebab kebakaran tersebut hal ini untuk mengetahui apakah ada unsur kesengajaan atau tidak.

Dewan Perwakilan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (IKKAPI) mengeluarkan lima rekomendasi awal dalam menangani korban kebakaran Pasar Senen, Kamis 19 Januari 2017. Kebakaran itu menghanguskan lebih dari seribu kios sehingga merugikan banyak pedagang dan para pekerja mereka.
"Kami berharap rekomendasi tersebut mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," kata Ketua umum DPP IKAPPI, Abdullah Mansuri, Kamis, 19 Januari 2017.

Lima rekomendasi tersebut, yaitu menambah armada pemadam kebakaran (Damkar) untuk mempercepat proses pemadaman dan pendinginan, termasuk mengisolasi blok pasar yang masih aman dari api.

Kedua, Pemerintah DKI Jakarta segera melakukan pendataan kepada seluruh pedagang korban kebakaran. Pendataan juga meliputi jumlah kerugian yang mereka terima dalam waktu sesegera mungkin.

"Pemerintah provinsi harus memastikan seluruh pedagang korban kebakaran terdata dan tidak ada yang terlewatkan," lanjut Abdullah.

Ketiga, menurunkan tim psikologis dan kesehatan guna menanggulangi beban psikologis pedagang yang terguncang akibat musibah ini.

Keempat, Pemerintah DKI Jakarta dapat mengambil alih penanganan dan pengelolaan blok 1 dan 2 Pasar Senen dari pengelola PT Pembangunan Jaya. Hal itu demi terjaminnya percepatan koordinasi dan penanganan korban kebakaran.

Kelima, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta wajib mengupayakan dan memastikan percepatan pembangunan tempat berdagang sementara (penampungan), di lokasi Pasar Senen, Jakarta Pusat dan tidak memungut biaya sepeserpun.

Selain itu, mengizinkan para pedagang berjualan di wilayah lokasi pasar, serta memanfaatkan lokasi-lokasi strategis guna dijadikan tempat berdagang sementara sampai pasar selesai dibangun.

"IKAPPI berharap 5 rekomendasi awal ini dilaksanakan secara serius oleh Pemerintah DKI Jakarta, demi percepatan pemadaman dan kelangsungan hidup para pedagang pasar yang menjadi korban," ujar Abdullah.

Post a Comment

0 Comments