Ad Code

Korban Jatuhnya Pesawat Hercules Medan Jadi 113 Orang

Kepala Staf TNI AU Marsekal Agus Supriyatna menyebutkan 113 orang yang berada di pesawat Hercules C-130 tipe Alfa nomor registrasi 1310 yang jatuh di dekat pemukiman penduduk Jalan Jamin Ginting, Simpang Kuala, Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/2015) jam 11.48 WIB, meninggal dunia.
 
“Di sana (dalam) ada 12 kru (prajurit TNI) dan 101 penumpang. Semua nggak ada yang selamat,” kata Agus, Selasa (30/6/2015).
Mayoritas korban dievakuasi ke RSUP Adam Malik, Medan. 

Sebanyak 23 jasad sudah berhasil diidentifikasi dokter.
Agus menjelaskan beberapa menit setelah pesawat yang terbang dari Lapangan Udara Soewondo, Medan, itu pilot hendak melakukan kembali ke pangkalan karena ada masalah di pesawat.
Anggota Komisi I DPR TB. Hasanuddin menilai pesawat Hercules tipe Alfa 1310 yang jatuh merupakan pesawat tua.
Ia menyebut pesawat tersebut diproduksi tahun 1954 di Amerika Serikat dan sudah beberapa kali ganti mesin di Singapura. Pesawat ini merupakan tipe short pendek dan bagian dari skuadron di Malang.
"Ini menunjukkan alat-alat angkut pesawat terbang angkatan udara kita harus direnovasi," kata Simatupang di sela-sela fit and proper test calon Kepala BIN Sutiyoso di Komisi I DPR.
"Dan memang ini sudah uzur, sudah waktunya diganti, ada batas umurnya‎," politisi PDI Perjuangan menambahkan.
Menurut Simatupang alutsista seharusnya punya life time dan pada umumnya life time-nya sampai 20 tahun.
Sebelum masuk masa pensiun, menurut Hasanuddin, pesawat harus ada penggantinya.

"Itu semua ada life time yang sudah ditentukan. Jadi sebelum masuk life time, kalau misalnya kita mau multiyears lima tahun, berarti tahun ke 15 kita sudah mulai (mencari penggantinya). Sehingga tahun ke-20 sudah siap," kata Hasanuddin.